Pondasi Strauss Pile atau Bored Pile

Pondasi Strauss Pile atau Bored Pile

Pondasi strauss pile ini termasuk kategori pondasi dangkal. Pondasi tipe ini biasanya digunakan pada bangunan yang bebannya tidak benar-benar berat, bila untuk tempat tinggal tinggal atau bangunan lain yang mempunyai bentang antar kolom tidak panjang.

Pondasi strauss pile

Strauss Pile

Cara kerja pemasangan pondasi ini adalah dengan mengebor tanah berdiameter sesuai perhitungan susunan diameter pondasi. Setelah itu digunakan cassing berasal dari pipa PVC yang di cor sambil diangkat cassing-nya. Cassing digunakan pada tanah lembek dan berair. Jika tanah keras dan tidak berair, pondasi mampu langsung di cor tanpa cassing Strauss Pile Makassar .

Kedalaman pondasi ini mampu capai 5 meter dengan mengunakan besi tulangan selama dalamnya pondasi. Biasanya ukuran pondasi yang sering dipakai adalah diameter 20 cm, 30 cm, dan 40 cm, sesuai dengan tersedianya mata bor. Seperti layaknya pondasi tiang, maka pondasi strauss ini ditumpu pada dudukan beton (pile cap). Fungsi dudukan beton adalah mengikatkan tulangan pondasi pada kolom dan sloof. Selain itu fungsinya adalah untuk transfer tekanan beban di atasnya.

Untuk pondasi bored pile, system kerjanya nyaris mirip dengan pondasi strauss pile. Perbedaannya hanya terdapat pada peralatan bor, peralatan cor, dan system cassing yang pakai teknologi lebih modern. Pondasi ini digunakan untuk tipe pondasi dalam dan di atas 2 lantai.

Pondasi bored pile

Kelebihan :

Volume betonnya sedikit

Biayanya relative murah

Ujung pondasi mampu berharap pada tanah keras 

Kekurangan :

Diperlukan peralatan bor

Pelaksanaan pemasangannya relative agak susah.

Pelaksanaan yang tidak cukup bagus mampu mengakibatkan pondasi keropos, sebab unsur semen larut oleh air tanah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Terbaik Melihat Bunga Sakura di Jepang, Banyak yang Gratis!

Meningkatkan Efektivitas Presentasi Bisnis dengan Video Animasi

Bagaimana Membuat Video YouTube yang Menarik?